Senin, 16 Mei 2011

GEMPA BLITAR 2011 6,1SR Gempa Bumi Terbaru Guncang Blitar Jawa Timur Sampai Ke Yogya Bali Denpasar

VIDEO GEMPA BLITAR 2011 6,1 SR YOUTUBE GEMPA BLITAR 2011 6,1SR Gempa Bumi Terbaru Guncang Blitar Jawa Timur Sampai Ke Yogya Bali Denpasar. Gempa kembali mengguncang pulau Jawa. Kali ini gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang kawasan Blitar, Jawa Timur, dan sekitarnya. Lihat Potensi Gempa Jakarta 8,7SR Versi Staf Khusus Presiden Prediksi Gempa Raksasa Jakarta 8,7 SR dan Isu Sunami dan Foto Siswi Telanjang Dada Lulus UN Konvoi 2011 Siswi SMA Pamekasan Nekad Tanpa Busana Pasca Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional Madura.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 07.14 WIB, Selasa (17/5/2011).

Pusat Pusat Gempa berada di 170 km arah tenggara Blitar dengan kedalaman 25 km. Belum diketahui apakah gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak.

Dampak gempa tersebut juga belum diketahui, termasuk apakah ada kerusakan maupun korban jiwa yang ditimbulkan.

Getaran Gempa Blitar 2011 Jangkau Yogya dan Bali Denpasar

Gempa 6,1 SR yang berpusat di 170 Km tenggara Blitar, Jawa Timur (Jatim), juga dirasakan warga di Yogyakarta dan Denpasar. Dengan daya getar sekitar 3-4 MMI, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan kerusakan.

"Gempa dirasakan dari Yogya sampai Denpasar sekitar 3-4 MMI. Artinya selain Blitar, ada beberapa yang merasakan goncangan," kata Kepala Balai Besar II Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Suhardjono.

"Kalau 3-4 MMI itu ada getaran, tapi tidak terlalu membulkan kerusakan," lanjut Suhardjono saat dihubungi detikcom, Selasa (17/5/2011).

Menurut Suhardjono, gempa Blitar terjadi pukul 07.14 WIB dengan kedalaman 25 Km. Apakah gempa ini punya keterkaitan dengan gempa besar yang diisukan akan terjadi di Jakarta, Suhardjono tidak mau menanggapi.

"Cuma, ya, itu bloknya sama. Itu, kan, renteran lempeng dari sebelah barat Pulau Sumatera, Selatan Jawa, hingga ke timur," ucap Suhardjono.

Hingga kini belum ada laporan terjadinya kerusakan fisik maupun jatuhnya korban jiwa akibat gempa pagi hari di Blitar ini.

Gempa Blitar 2011 Terasa Kuat di Malang

Malang - Gempa 6,1 SR yang terjadi di tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terasa sangat kuat di Kota Malang dan sekitarnya. Gempa terasa kurang lebih 10 detik.

Gempa yang terjadi pukul 07.14 WIB, Selasa (17/5/2011), dirasakan sejumlah tamu homestay Mahaneru di Kecamatan Tumpang, sekitar 23 Km dari Kota Malang. Gempa terasa menghentak secara vertikal, bukan horizontal.

Beberapa lampu penginapan tampak bergoyang. Sebagian besar tamu penginapan berhamburan ke luar penginapan pasca gempa terjadi. Namun, ada beberapa yang tidak merasakan getaran peristiwa alam tersebut.

Salah seorang karyawan homestay di pinggiran Kota Malang itu menuturkan, gempa sangat jarang terjadi di Malang. "Di sini sebetulnya jarang gempa," kata dia kepada detikcom.

Menurut BMKG, gempa Blitar 2011 berkekuatan 6,1 SR. Pusat gempa berada di 170 km arah tenggara Blitar dengan kedalaman 25 Km. Belum diketahui dampak dari gempa pagi hari ini. detik.com

Gempa Blitar 2011 6,1SR, Video Blitar 2011, Youtube Gempa Bumi Terbaru Guncang Blitar, Gempa Jawa Timur, Gempa Indonesia Blitar Yogya Bali Denpasar Malang Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar